-->

Google Assistant Kini Bisa Kenali Sebuah Lagu

Advertisemen
Aplikasi untuk mengenali sebuah lagu bukan hal yang baru, mengingat fitur ini sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Jadi, bukan merupakan kejutan yang besar jika Google juga ingin mengembangkan layanan pengenalan musik ke dalam sistem operasi Android milik mereka. Kini, Google menambahkan fitur pengenalan musik ke layanan Google Assistant.


Seperti yang dilaporkan oleh Android Police, mengingat Google Assistant kini bisa dijalankan selain handset Nexus dan Pixel, jadi fitur baru pengenalan musik di Google Assistant akan tersedia untuk semua perangkat Android yang kompatibel. Namun fitur tersebut akan diluncurkan secara bertahap, karena untuk beberapa perangkat fitur baru tersebut tidak bekerja dengan baik. 

Cara kerja fitur ini cukup standar, dimana pengguna hanya perlu meminta Google Assistant untuk mengenali sebuah lagu yang tengah diputar. Fitur ini mirip dengan aplikasi Shazam atau Sony TrackID (sekarang sudah tidak tersedia). Ketika lagu sudah dikenali, maka Google Assistant akan menyajikan data seputar lagu tersebut seperti penyanyi hingga lirik. 

Namun jika Anda saat ini menggunakan perangkat yang kompatibel dengan Google Assistant namun fitur tersebut belum bekerja pada perangkat milik Anda, maka Anda bisa beralih ke aplikasi pihak ketiga seperti Shazam dan SoundHound untuk sementara waktu.



Advertisemen